Rabu, 30 Maret 2011

Usaha Pondok Pesantren

a.      Perkoperasian
Untuk mengembangkan Usaha Perkoprasian Pondok Pesantren Bekerjasama dengan lembaga pengabdian masyarakat di IAIN Antasari Banjarmasin dengan mengambangkan Koprasi MUAMALAT.
Sedangkan usaha yang dikembangkan adalah.
1.      Penyediaan bahan-Bahan Pertanian
2.      Penyediaan Alat-Alat belajar Santri.
3.      Fotho Copy dan ATK
4.      Sedang mengusahakan Simpan Pinjam

b.      Perkebunan
Usaha yang dilakukan Pondok dibidang perkebunan adalah mengembangkan perkebunan karet dengan lahan seluas 2 Hektar, dan sekarang sedang mengusahakan pemberian Bibit Karet dan perawatannya kepada Petani dengan sistem Bagi Hasil dan lahan yang sudah disipakan petani kurang lebih 10 Hektare. Ini belum bias kami jalankan secara maksimal karena dana yang khusus untuk pengembangan ini belum tersedia.

c.      Pertanian
Dibidang pertanian Pondok Pesantren mengembangkan palawija, Seperti Padi sawah dan gogo dengan luas 1 Hektar tapi ini belum maksimal karena kurangnya dana sehingga pengembangannya hanya seperlunya.

d.      Peternakan
Untuk bidang peternakan Pondok pesantren Telah Mendapat Bantuan Sapi dari Departemen Perternakan Kabupaten Tapin dengan jumlah sapi 44 Ekor, yang mana kami sebagian sapi yang kami miliki dititipkan kepada sebagian wali santri dengan system bagi hasil.

Adapun sumber pendanaan yang kami peroleh ini berasal dari
1.      Pengembangan usaha PONTREN
2.      Swadaya masyarakat
3.      Bantuan Pemerintah
4.      Bantuan dari pihak Donatur (Belum mempunyai donator tetap)
5.      usaha lain yang halal dan tidak mengikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar