Senin, 07 Maret 2011

Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Muthi'ul Huda

Berawal dari kedatangan rombongan transmigrasi local pada tahun 1974, dari tanah seberang (Jawa Timur), dengan tujuan Banjarmasin, Tepatnya di Kabupaten Tapin Rantau kecamatan Binuang, Tepatnya di dusun Munthi,  didusun inilah rombongan tiba pada bulan Sya’ban pada pukul 16.00 Wita. Kemudian didirikanlah tempat pemondokan sederhana untuk rombongan yang berjumlah 10  kepala keluarga, dengan kehidupan yang sangat pas-pasan rombongan ini mempertahankan hidup keluarganya. Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1976 didirikanlah tempat Ibadah (langgar) oleh Pimpinan rombongan (Kyai Muhammad Thoha) dengan nama MUTHI’UL HUDA yang diambil dari nama dusun MUNTHI yang artinya orang-orang yang Taat dan mendapat petunjuk.
Setelah mushalla tersebut selesai dibangun dengan sangat sederhana, kemudian  mushalla tersebut beralih fungsi menjadi (masjid), mengingat jumlah jamaah yang bermukim di sekitar dusun munthi terus bertambah. Bersamaan dengan itu. Didirikanlah lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Thakhasushiyah bernama DARUL ULUM, yang kurikulum pokoknya diambil dari Pondok Pesantren Lerboyo dan Tebu Ireng, di mana Pimpinan Jamaah adalah alumni dari dua pondok besar tersebut.
Pada tahun 1984  datang ABRI Masuk Desa, dan membangunkan masjid yang permanen yang ada di wilayah desa Hatungun. Bersamaan diresmikannya Masjid oleh Bapak H. Makkay BA. Selaku Bupati Kabupaten Tapin, tepat pada 1 muhaarm 1401 H berdiri pula disamping masjid PONDOK PESANTREN MUTHI’UL HUDA dengan pengasuh Kyai Muhammad Thoha Annasyir, Bin Wiyono Sakti Annasyir Bin Imam Muhsin Bin Syeh Abdul Jalil Annasyir.
Seiring dengan perkembangan zaman dan makin pesatnya jumlah penduduk disekitar Pondok tersebut maka pada tahun 1990 diririkanlah lembaga TKA/TPA “Muthi’ul Huda Hatungun” dan tepat pada tanggal 23 Mei 2003 diresmikanlah lembaga pendidikan setara SLTP yang bercirikan Islam yaitu Madrasah Tsanawiyah “Muthi’ul Huda” oleh Bapak Bupati Kab. Tapin Drs. H. Idis Nurdin Halidi, M.AP. Sehingga yang dulunya Pondok pesantren Salaf berubah menjadi Kombinasi, dan pada tahun ajaran 2007-2008 telah membuka lembaga pendidikan tingkat Madrasah Aliyah.
 PONTRREN Muthi’ul Huda didalamnya mengelola lembaga pendidikan dari Tingkat RA. Muthi’ul Huda, Madrasah Diniyah Darul ULUM. Madrasah Diniyah Al Wustahniyah, Madrasah diniyah Al Ulya, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Majlis Dzikir Naqsyabandiyah Kholidiyah, Majlis Ta’lim Tarbiyatul Mu’minin, Majlis Manaqib Syeh Abdul Kadir al jailani, dan Jami’iyah Nahdlatul Ulama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar